Kamis, 16 Februari 2012

MEMBUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA UNTUK MENJAGA LINGKUNGAN INDAH DAN SEHAT


Sampah adalah kategori barang rongsokan, sisa atau bekas yang tidak digunakan lagi oleh pemakainya. Karena tidak berguna maka orang-orang membuangnya.

Membuang sampah sembarangan bisa menjadi masalah, baik bagi sendiri maupun orang lain. Karena sampah bisa menimbulkan bau tidak sedap dan bisa merusak keindahan lingkungan tempat tinggal baik di rumah, sekolah, jalanan maupun tempat umum, hal itu terjadi jika lingkungan kotor dan tidak terawat dengan baik.

Lingkungan kotor mempunyai berderet-deret dampak buruk di belakangnya, seperti penyakit menular, karena lingkungan kumuh bisa menjadi sarang nyamuk, tikus, kecoa, ular dan binatang beracun lainnnya yang merugikan.
           
Sebaliknya lingkungan yang bersih adalah idaman semua orang, karena lingkungan seperti ini nyaman untuk ditinggali, tidak hanya anak-anak yang betah bermain tapi orang tua pun senang. Namun untuk mewujudkan lingkungan bersih tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, harus dimulai dari hal kecil seperti membuang sampah pada tempatnya.
           
Tempat sampah sengaja dibuat oleh orang, agar sampah bisa dikumpulkan dalam wadah tertentu sehingga tidak berserakan di jalanan, halaman, lapangan atau di manapun.
           
Membiasakan anak membuang sampah sejak dini akan mengajarkannya betapa pentingnya menjaga kebersihan. Jika membuang sampah pada tempatnya bagi anak sudah terbiasa maka selanjutnya mereka akan melakukan itu dengan senang hati tanpa terpaksa. Hadist rasulullah, “Kebersihan adalah sebagian dari iman"

Embun Penyejuk Hati
Zahirin al-Ama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar