Kamis, 16 Februari 2012

DISIPLIN

KEDISIPLINAN ADALAH KUNCI KESUKSESAN



Dalam amanat apel pagi Kamis (16/ 2) lalu, Ust Qomaruddin mengingatkan lagi kepada siswa di lapangan depan SDIT Adzkia 2 tentang pentingnya penerapan kedisiplinan dalam kehidupan. Ia menyinggung tentang perilaku-perilaku siswa yang akhir-akhir ini banyak melanggar aturan.

Misalnya pada jam 14.30 Wib siang, ketika bel pulang siswa kelas 1 dan 2 berbunyi, banyak yang pergi berbelanja keluar lokasi sekolah, tepatnya di gerbang utama. Pada beberapa bulan yang lalu kepala sekolah Ust Syafriyon juga sudah mengingatkan kepada para pedagang-pedagang yang mangkal di depan gerbang sekolah agar tidak lagi menggelar dagangannya di sana. Namun sama sekali tidak diindahkan.

Pedagang itu menjual mainan dan jajanan yang tidak terjamin kesehatannya. Semua itu ada banyak mudharatnya, kata ust Qomar melanjutkan. Pada jam pulang itu banyak kendaraan yang lalu-lalang di luar sana, sehingga dikhawatirkan siswa akan tertabrak akibat kurang hati-hati, selanjutnya mengenai jajanan yang tidak terkontrol kesehatannya, itu bisa membahayakan jika dikonsumsi, dapat menimbulkan penyakit, jika sudah sakit maka siswa tidak bisa pergi sekolah, akibatnya banyak pelajaran yang tertinggal.

Oleh sebab itu, pada hari Kamis itu juga Wakasis memerintahkan kepada seluruh ketua kelas masing-masing agar memantau, mengawasi dan mencatat jika ada di antara teman-temannya yang berbelanja keluar lokasi sekolah, kemudian dilaporkan kepada Wakasis untuk ditindak lanjuti.

Dalam amanat yang lainnya beliau juga menyinggung tentang kelengkapan atribut siswa yang tidak lengkap, seperti ikat pinggang yang tidak dipakai, lambang yang tidak ada, topi atau kacu pramuka yang tidak dipasang. Kerapian diri, seperti rambut panjang gondrong, kuku panjang, ia meminta kepada wali kelas masing-masing untuk memeriksa kerapian dan kelengkapan atribut itu. Karena kerapian kuku, rambut dan kelengkapan atribut merupakan motivasi awal sukses belajar.

Embun Penyejuk Hati
zahirin-al-ama.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar